LEMBUTKAN HATI DENGAN BERBAGI DALAM SANTUNAN ANAK YATIM

LEMBUTKAN HATI DENGAN BERBAGI DALAM SANTUNAN ANAK YATIM

Ahad, 18 Februari 2024, Lazismu Kabupaten Nganjuk bersama Praktek Pengelolaan ZISWAF (PPZ) IAIN Kediri 2024 melaksanakan kegiatan Santunan anak yatim sebagai wujud kepedulian kepada anak yatim dengan jumlah 111 dari beberapa Kecamatan di Se-Kabupaten Nganjuk. hal tersebut yang terdapat dalam QS. Al-Baqarah : 220 yang artinya

Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah:

‘Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan.

Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.‘”

Tak hanya santunan, akan tetapi bingkisan. Anak-anak sebagai wujud generasi penerus bangsa, maka pendidikan sangatlah penting. Untuk itu, kami mengadakan lomba yakni lomba menggambar kaligrafi dan juga lomba mewarnai. Dengan dekorasi khas Lazismu yaitu orange, putih dan hijau serta bendera yakni Lazismu, Muhammadiyah, Aisyiyah dan bendera Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan pada jam 10.00 WIB juga berkat kerjasama dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Rejoso serta Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gondang, KOKAM. Dengan tema Lembutkan Hati dengan Berbagi dalam rangka Milad ke-111 M / 2023 M Muhammadiyah. Lagu Indonesia Raya dan Sang Surya yang menggema, membuat jiwa nasionalis dan religi menyatu. Walaupun lagi Sang Surya adalah Mars Muhammadiyah, tetapi kita semua bersatu dalam Masjid Al-Huda yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Rejoso, atau di lingkungan PCA Rejoso dan dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an menggetarkan jiwa dalam berbuat kebaikan.

LEMBUTKAN HATI DENGAN BERBAGI DALAM SANTUNAN ANAK YATIM

“Lazismu Kabupaten Nganjuk juga banyak program yakni Santunan kepada dhuafa, orang yang membutuhkan. Uang yang kita kelola dari infaq dan tak lupa zakat itu berbagai macam salah duanya ada profesi, ada pertanian. Bahwa harta yang kita punya dan mencapai nishab dan haul wajib zakat, jika kita memiliki uang juga bisa berinfaq untuk kehidupan akhirat meskipun infaq juga tidak wajib tapi untuk bekal akhirat. Terima kasih kepada sponsorship, dermawan yang memberikan bantuannya.” ucap Mijan, S.H selaku Ketua Lazismu

Dalam sambutannya, Ketua PCA Rejoso,  dr. Tien Farida Yani MMRS senang terhadap santunan ini.
“Milad Muhammadiyah ke 111 ingin berusaha mengundang dan berbagi dengan anak yatim, untuk mengikuti semangat, memperjuangkan, mempelajari jejak Rasulullah melalui Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dengan acara ini bisa memberikan semangat untuk belajar dengan lomba.”

Dalam tausyiah oleh Ketua PDM Nganjuk, Muhammadiyah senantiasa memberi, tanpa pujian.
“Niki (ini) acara dilaksanakan lazismu. Muhammadiyah niku (itu) derek (ikut) kanjeng Nabi Muhammad. Kenapa Muhammadiyah lambangnya matahari, karena matahari senantiasa memberi cahayanya pada manusia. Tidak pernah berhenti, meminta imbal jasa, pamrih. Makanya Muhammadiyah organisasinya itu senantiasa memberi termasuk seperti ini. Memberi sesuatu kepada anak yatim.”

Tak lupa beliau memberikan pertanyaan yang menarik yang disertai hadiah.

Pemberian santunan anak yatim yaitu Kecamatan Rejoso 32, Kecamatan Gondang
30, Kecamatan Sukomoro 7, Kecamatan Bagor 5, Kecamatan Lengkong 8,
Kecamatan Wilangan 8, Kecamatan Nganjuk 9, Sekitar kantor LAZISMU 12. Jumlah seluruhnya 111.

Adapun juara 1 dari lomba kaligrafi adalah
Alfian (Sukoharjo, Wilangan)
Juara 2 Aprilia Salma Nabilla (Mlorah)
Juara 3 Rafifah Aisyiyah SD (Banjarejo)

Dan juara 1 dari lomba mewarnai adalah Fathir Al-Fath (Sumengko), Emira (Sumengko), Aulia Rahma (Talang)

Penilaian ditentukan dari benarnya kaligrafi, harakat dan makhraj, kreatif dan juga menarik. Untuk lomba mewarnai ditentukan dengan keselarasan warna, kerapian dalam mewarnai serta kreatif.

Suasana semakin menyenangkan tatkala memberikan sebuah pertanyaan ringan yang mengasah pikiran tentunya yang beruntung mendapatkan bingkisan menarik. Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi, pihak donatur dan sponshorship, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini selesai jam 13.00 WIB. Dengan berbagi, hati menjadi lembut. Dengan berbagi, berbagi pula kebahagiaan. (ameliaw)