”Jadikan Bulan Nan Mulia Ini Sebagai Ladang Amal Kebaikan Kita”

Alhamdulilah, akhirnya kita bertemu kembali dengan bulan ramadhan menurut hisab PP Muhammadiyah,1 Ramadhan 1440H. Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1440 jatuh pada 6 Mei 2019. Sesaat lagi kita menjadi orang-orang yang beruntung karena berjumpa lagi dengan bulan ramadhan. Belum tentu di tahun-tahun kita kan berjumpa di bulan yang suci dan mulia.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keistimawaan. Orang-orang yang beriman akan menyambutnya dengan gembira dan penuh suka cita. Ramadhan ibarat oase di tengah luasnya padang sahara sebagai pelepas dahaga bagi sang pengembara dibawah teriknya sinar matahari.

Nabi Saw bersabda :’’Seandainya umatku mengetahui pahala yang didapat dibulan ramadhan,nisaya mereka menginginkan agar semua tahun itu menjadi bulan ramadhan, ketaatan diterima (oleh allah), semua do’a dikabulkan, semua dosa diampuni, dan surga rindu kepada meraka”

Dibulan ramadhan keberkahan begitu melimpah dan tercurah kepada hamba-hamba Allah yang beriman.Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, kebaikan, pahala dan ampunan Allah SWT. Banyak sekali amalan, pahala dan manfaat ibadah di bulan ramadhan, pertama, diampuni dosa-dosa. Rasululloh bersabda: Artinya: “Barang siapa puasa ramadhan dengan iman dan niat karena Allah, maka dosa-dosanya yang telah lampau akan diampuni”

Yang kedua terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang lebih yang lebih baik dari seribu bulan, Laitul Qadar (malam kemuliaan).

Allah SWT Berfirman:’’Sesungguhnya Kami telah menurunkanya (Al Qur’an) pada malam Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan’’(Q. Al Qadr:13).

Ketiga Bulan ramadhan adalah saat diturukanya al Qur’anul Karim. Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan  untuk orang-orang mukmin berpuasa dan pada bulan ini pula al Quran diturukan. Sebagaimana Allah SWT berfirman, Artinya:’’(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al- Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

Keempat, di bulan Ramdhan setan-setan dibelenggu, pintu-pintu Neraka ditutup dan pintu-pintu Surga dibuka. Rasullullah SAW bersabda,”Apabila Ramdhan tiba pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”(Diolah dari berbagai sumber)