Marhaban ya ramadhan Mubarok ! Selamat datang bulan ramadhan yang penuh berkah.kedatanganmu sungguh bagaikan seteguk air dipadang nan gersang.Seakan memberikan kesegaran dalam tubuh kelelahan.

Ya, bulan ramadhan tahun 1440 H telah tiba,Kedatanganya bertepatan hari senin 6 mei 2019 M saat itulah umat islam mulai berpuasa sebulan penuh menjalankan perintahNya dan menikmati ibadah dibulan suci Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan ampunan.

Ramadhan bulan yang penuh berkah,dimana umat islam dapat melaksanakan ibadah lebih intensif daripada hari-hari biasa.Bulan dimana Al-Quran diturunkan pertama jkali kepada nabi Muhammad SAW.Marilah kita sambut kedatangan bulan scui ini dengan penuh kegembiraan saraya mengucapkan Marhaban ya Ramadhan .Marilah kita laksanakan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan keiklasan,Ibadah puasa sesuai tuntunan Rusulullah SAW.Semoga puasa kita diterimadan pada akhirnya mendapat derajad Muttaqin sebagaimana yang dijanjikan.

Datangnya bulan ramadhan merupakan nikmat bagi seorang muslim,terutama apabila dirinya dalam keadaan sehat dan membekali dengan pengetahuan amaliyah sunnah dan wajib yang dapat diamalkan selama bulan ramadhan,baik amalan khusus bulan ramadhan maupun amalan umum lainya.

Dituntunkan agar umat islam mempersiapkan diri pribadi,secara lahir maupun batin.dan memperbanyak puasa sunnah di bulan sya’ban.berdadsarkan hadist Rosululloh SAW:Artinya:’’Dari Aisyah R.A(Diriwayatkan bahwa)ia berkata:…Saya tidak pernah melihan Rasullulah SAW berpuasa sebulan penuh selain bulan ramadhan,Juga saya tidak pernah melihat beliau bayak berpuasa kecuali bulan Sya’ban.’’(Muttafaq’Alaih)

Pada bulan ramadhan nan mulia ini kaum Muslimin diharapkan dapat mengendalikan pikiran-pikiran dan hal-hal buruk yang biasanya secara sadar maupun tidak menjadi kegiatan sehari-hari.Sangat dianjurkan untuk memprnyak amalan-amalan yang dicontohkan rasullulah SAW. Dalam mengisi hari-hari di bulan ramadhan,Amalan paling utama adalah menjalankan ibada puasa Ramadhan.Sementara amalan-amalan lainya adalah tadarus,i’tiqaf,Sedekah,memperbanyak dzikir dan berdoa,berzakat,mengejar lailatul qadar dan yang paling utama shalat malam dan terawih.

SUKSES MERAIH RAMADHAN

Firman Alah SWT,’’Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa,’’(QS Al-Baqarah 183)

Derajat taqwa,itulah yang hendak dituju oleh orang-orang yang beriman dan menjalankan ibadah puasa sekama bulan ramadhan.Sudah selayaknya kaum Muslim memanfaatkan bulan suci ramadhan sebagai momen derajad seperitual dan mengekplorasi potensi rohaninya sehingga dapat menjadi insan yang bertaqwa(muttaqien) dan menjadi  ummat terbaik (Kharul ummah ).itulah prestasi sebenarnya bagi orang-orang beriman dalam meraih kesuksesan dibulan ramadhan.

Menurut Dr.Haedar nashir,Ketua Umum pimpinan pusat Muhammadiyah,ada 3 (tiga) Langkah agar kaum muslim dapat menjadi unsan yang muttaqin san khairul ummah,Pertama,Setiap ummat muslim harus senantiasa bermusahabah dan memiliki pengharapan kepada Allah SWT.Musahabah dimulai dengan menyadari bahwa setiap manusia mempunyai kelemmahan dan disisi lain manusia harus memilik pengharapan kepada Allah SWT.Ummat islam harus selalu mengoreksi diri,jangan-jangan apa yang dilakukan selama ini ini tidak dilandasi dengan keiklasan.jika demikian,maka hanya akan menjadi hal yang sia-sia belaka.

Kedua,Selalu progresif dan tidak mengalami kemunduran dalam perilaku,Dan yang ketig,Mampu bersyngguh-sungguh untuk menjadi insan yang muttaqin dan menjadi ummat yang terbaik.Maka tidak ada kata lain selain bertindak progresif dan menjadikan puasa sebagai sarana untuk meningkatkan derajad spritual dan potensi rohani.Hal itu akan dapat mempertahankan perilaku kaum muslim agar terjaga stabilitasnya dan akan terusmembaik dimasa depan.

Hendaknya ummat islam tidak menjadikan bulan ramadhan sebagai rutinitas semata,namun dapat menjadikan bulan ramadhan sebagai spirit mengolah rohani tahunan yang spritualistik,tetapi juga dinamis.Yaitu nilai-nilai keshalihan yang menghidupkan hati setiap muslim,menjadikan hati yang selalu dekat kepada Allah SWT.kebenaran,kebaikan dan hati yang selalu terikat kepada nilai-nilai luhur.

Dr.Haedar nashir berpesan agar jangan sampai kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum ramadhan terulang kembali ketika bulan ramadhan berlalu,Seperti yang dikatakan dalam hadist nabi,bahwa banyak orang yang berpuasa hanya menahan lapar dan dahaga saja tanpa dibarengi dengan revolusi batin.

Marilah bulan ramadhan ini kita memicu diri guna meraih prestasi berupa derajad ketaqwaan yang sebenar-benarnya dan keunggulan yang nyata.itulah raihan kesuksesan sejati nan gilang-gemilang yang mengantarkan kita kita kepada kemuliaan abadi.(Rif/Laz)