PERAN LAZISMU KABUPATEN NGANJUK DALAM KEBUTUHAN MANUSIA

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi sebagai bentuk kelangsungan dalam hidupnya. Manusia masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda, sehingga saling membutuhkan. Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan manusia semakin meningkat. Lazismu Kabupaten Nganjuk sebagai lembaga amil zakat, infaq dan shodaqoh yang telah teraudit WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) hal ini bermakna dapat dipertanggungjawabkan semua dari donatur yang telah kita kelola untuk diberikan kepada mustahiq. Tanpa adanya peran donatur, kami tidak dapat berkembang hingga saat ini. Dana dari donatur kami kelola yang terkemas dalam PROSPEK DAKWAH (Program Sosial, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan Dakwah). Program Sosial terdapat 2 yakni Sosial dan Sosial Kemanusiaan. Program Unggulan yang kami sebutkan di atas menjadi sebuah ikon Lazismu Kabupaten Nganjuk.

PERAN LAZISMU KABUPATEN NGANJUK DALAM KEBUTUHAN MANUSIA
Dokumentasi kegiatan bantuan dari Lazismu Kab.Nganjuk

Lazismu tidak hanya berfokus pada program sosial saja, akan tetapi kita peduli terhadap kebutuhan manusia. Masing-masing program tersebut kami telah bekerjasama dengan organisasi/lembaga baik internal maupun eksternal. Terdapat pula program khusus. Perbedaan antara program unggulan dan khusus terletak pada lingkupnya, jika program unggulan lebih luas, maka program khusus hanya berfokus pada satu hal dan juga dilaksanakan pada momen tertentu.

Perkembangan kebutuhan yang lebih umum, pada tahun 2022, kami memiliki Ambulan dengan nama program Ambulanmu (Ambulance Lazismu) dengan 2 unit Ambulanmu yang dipakai dalam untuk kegiatan sosial seperti pengantaran pasien, jenazah dan juga untuk kegiatan sosial lainnya. Respons cepat tanggap merupakan suatu keharusan, karena menyangkut dengan keselamatan hidup. Ambulanmu telah menjangkau pengantaran keluar kota atas permintaan dari pasien atau jenazah.

Dalam sebuah kegiatan yang diadakan oleh umum, kami mencoba untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan hal yang seimbang, dengan mengadakan warung ikhlas. Pengunjung yang membeli produk yang kami sajikan layaknya angkringan membayar tanpa kita tarif sebagai bentuk shodaqoh. Hasil dari penjualan kami kelola untuk program yang akan disalurkan kepada mustahiq. Pendidikan juga kebutuhan, karena dengan pendidikan kita bisa menjadi pintar dan mencetak generasi penerus yang memiliki kemampuan atau juga bakat. Oleh karena itu, pendidikan termasuk ke dalam program unggulan kami. Terima kasih kepada donatur yang telah bersama kami sehingga kami bisa kuat dan berjalan selalu.

Sahabat Lazismu Kabupaten Nganjuk yang belum tergabung dengan kami, mari berbagi kebaikan terhadap sesama dengan  menjadi donatur di Lazismu Kabupaten Nganjuk. Mari awali bulan dan tahun baru dengan berbagi kebaikan untuk sesama. (ameliaw)