TUTORIAL MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

TUTORIAL MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

Hampir 365 hari, tak terasa waktu begitu cepat berlalu menuju ke tahun berikutnya. Di dalam kehidupan sehari-hari yang telah berjalan pastilah terdapat hikmah yang dapat kita ambil dalam setiap apa yang telah kita lakukan. Kita bertemu, berinteraksi dengan orang lain, melihat, mendengar langsung cerita nyata dari orang lain dapat menjadikan sebuah pembelajaran. Tak ada waktu yang tak berguna, semuanya sangat berarti. Meski hanya sedetik, dua detik dan seterusnya.

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena manusia unik, saling melengkapi sehingga dapat maksimal. Tak ada orang yang tak berkualitas. Semua memiliki potensi, jika ditambahkan dengan sesuatu yang tepat akan menghasilkan hal yang luar biasa
Dalam meningkatkan kualitas diri ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Pertama, kita harus mengenali potensi diri kita. Yang mengetahui, memahami diri kita sendiri adalah individu itu sendiri. Memang kita tidak dapat melihat, mengetahui kekurangan diri sendiri karena yang dapat menilai orang lain, akan tetapi jika berkaitan dengan potensi adalah individu (sendiri). Potensi berkaitan dengan bakat, dan juga keinginan (minat), hobi. Hobi dapat menjadikan bakat.


Kedua, buatlah rencana dan target untuk jangka pendek dan jangka panjang. Adanya target membuat efektif dan juga terarah. Tanpa adanya target, rencana tidak akan berhasil.


Ketiga, tuliskan hambatan dalam rencana yang diinginkan. Karena dalam setiap keinginan pasti adanya hambatan. Menulis hambatan menjadikan kita sebagai acuan sebelum menjalankan sesuatu dan juga sebagai hal yang tepat agar tidak membuang energi.


Keempat, jangan terfokus pada masalah tapi pada penyelesaian. Ketika kita hanya fokus pada masalah maka waktu akan terbuang begitu saja. Pasti akan ada jalan keluar dalam menyelesaikan masalah.

Kelima, mengevaluasi apa yang telah kita lakukan. Masa lalu menjadikan kita sebagai evaluasi, bukan sesuatu hal untuk disesali. Hari ini lebih baik dari hari kemarin merupakan suatu peningkatan.

Keenam, senantiasa untuk berpikir positif. Hal tersebut menjadikan kita selalu yakin dan tidak merasa ragu atas apa yang telah kita lalukan dan juga merasa senang dalam menjalankannya.


Ketujuh, senantiasa berbuat kebaikan. Tak ada kebaikan yang sia-sia. Kita berbuat baik juga memberikan manfaat kepada kita dan juga orang lain. Melakukan apa yang bisa kita lakukan. Karena hal tersebut bermanfaat kepada orang lain. Ketika melihat orang yang kesusahan, kita menolong, berbagi dengan tenaga yang kita punya juga termasuk dengan sedekah, mendermakan sebagian harta yang kita punya untuk orang yang tidak mampu agar mereka merasakan apa yang kita rasakan dapat melalui lembaga amil, zakat, infaq dan shodaqoh Lazismu Kabupaten Nganjuk. (ameliaw)