Manfaat Sedekah Yang Memuliakan Hidup

Manfaat Sedekah Yang Memuliakan Hidup

lazismunganjuk.org – Bersedekah merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat muslim, karena dengan bersedekah merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan sebagai bentuk rasa syukur. Dengan bersedekah akan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sehingga kita juga pasti akan mendapatkan banyak manfaat dan ganjaran.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT yang memiliki banyak sekali keutamaan yang telah tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 271 yang berbunyi:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 271)

Oleh karena itu umat muslim selalu diingatkan untuk selalu menjadi pribadi yang dermawan dengan selalu bersyukur berbagi terhadap orang yang membutuhkan. Berikut ini adalah 7 manfaat sedekah yang perlu diketahui.

  1. Pembuka pintu rezeki
    Bagi seorang muslim yang rajin untuk bersedekah kepada sesama akan dibukakan pintu rezekinya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)
  2. Menyembuhkan penyakit
    Manfaat sedekah juga dapat menyembuhkan penyakit dalam diri. Bersedekah merupakan perbuatan positif yang dapat mendatangkan hikmah dan energi positif dari ekspresi kebahagiaan kita karena bisa berbagi sehingga bisa meningkatkan imun dan tubuh lebih kuat terhindar dari penyakit.
    Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).
  3. Terhindar dari marabahaya
    Allah SWT akan selalu melindungi hamba-Nya dari segala musibah yang dapat menimpa kapan dan dimana saja.
    “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”. (HR. Baihaqi)
  4. Amalan yang tidak terputus meski telah meninggal dunia
    Dengan bersedekah, umat muslim akan mendapatkan amalan yang tidak terputus meski dirinya telah meninggal dunia. Artinya seseorang akan terus mendapatkan pahala yang dapat menolongnya dari api neraka.
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)
  5. Menghapus dosa
    Bersedekah dapat menghapus dosa yang telah diperbuat sebelumnya. Hal ini mengacu pada hadist Rasulullah SAW yang berbunyi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)
  6. Terhindar dari penyakit hati
    Penyakit hati yang dimaksud adalah perasaan iri dan dengki terhadap orang lain. Dengan bersedekah, umat muslim akan dijauhkan dari perasaan tersebut dan membuat diri akan selalu positif. Karena rasa syukur yang selalu ia kerjakan maka dirinya akan selalu menerima apa yang menjadi takdirnya dengan rendah hati.
    Rasulullah SAW juga pernah bersabda, bahwa “sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya meringankan kepedihan saat mautnya, dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya”. (Fiqhus- Sunnah vol. 3, hal 97).
  7. Didoakan oleh malaikat
    Bagi siapa saja yang bersedekah untuk kebaikan akan mendapatkan doa oleh malaikat. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata “ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”. (HR Bukhari-Muslim).
    Itulah beberapa manfaat dari sedekah yang dapat memuliakan hidup. Semoga bermanfaat dan kita termasuk kedalam manusia yang beriman sehingga selalu dimudahkan dalam menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-Nya.

Jika bermanfaat silahkan bagikan ke teman, saudara serta keluarga sebagai bentuk sedekah kalian, serta agar semakin banyak saudara kita yang mendapatkan manfaat. Dan jangan lupa tnggalakan jejak dengan memberikan masukan serta kritik nya agar semakin baik karya saya kedepannya.

Fastabiqul khairat,
wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Guuruh

https://www.instagram.com/guuruh/