Husnul khatimah / Khusnul khatimah | LazisMu

Husnul khatimah / Khusnul khatimah

Husnul khatimah / Khusnul khatimah

Husnul Khatimah – Hanya beda satu huruf namun berbeda arti. Masih ada sebagian orang masih belum bisa membedakan antara kalimat husnul khatimah dan khusnul khatimah. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Kalimat tersebut digunakan untuk doa ketika ada orang yang meninggal dunia. Contoh kalimatnya adalah “semoga almarhum husnul khatimah” atau “semoga beliau meninggal dalam keadaan husnul khatimah”.Meskipun terdengar sama, kedua kalimat tersebut ternyata memiliki makna yang berbeda. Penulisan atau penyebutan yang salah tentu saja akan merubah makna dari doanya.Lalu apa perbedaan husnul khatimah dan khusnul khatimah?

Kalimat husnul khatimah (حسن الخاتمة) berasal dari bahasa Arab yang berarti “akhir yang baik”. Sedangkan kalimat khusnul khatimah ( خسن الخاتمة ) memiliki arti “akhir yang hina”. Jika seorang Muslim merespons saudaranya yang sudah meninggal dengan kalimat “khusnul khatimah”, maka ia sedang mendoakan keburukan kepadanya dan Hal seperti ini jelas dilarang dalam ajaran Islam. Semua doa yang terucap akan berbalik kepada orang tersebut. Maka hendaknya seorang Muslim mendoakan hal-hal yang baik saja.

Sudah seharusnya kita sebagai saudara saling mengingatkannya, karena memang setiap orang tidak memiliki ilmu yang sama maka dari itu saling berbagi adalah hal yang indah.