BERSEDEKAH TIDAK AKAN MEMBUATMU MISKIN | LazisMu
BERSEDEKAH TIDAK AKAN MEMBUATMU MISKIN

BERSEDEKAH TIDAK AKAN MEMBUATMU MISKIN

Harta adalah sesuatu yang didapatkan dengan cara bekerja atau dengan melakukan sssuatu. Harta sendiri adalah pemberian dari Allah SWT. Orang yang memperoleh harta jika memenuhi syarat untuk dizakarkan, maka wajib untuk berzakat. Bila tidak memenuhi persyaratan untuk dizakatkan, maka bisa disedekahkan. Sedekah tidak terikat jumlah minimal dan maksimalnya.Bisa dilakukan kapan saja. Sedekah juga jangan malu dengan jumlah yang dikeluarkan.

Mengapa kita harus saling berbagi kepada sesama? Karena dengan berbagi, akan mendatangkan manfaat yang luar biasa, meski jumlah yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Namun, kebanyakan di era sekarang, orang lebih mementingkan keinginan yang berubah menjadi kebutuhan. Merealisasikan keinginan boleh saja asal berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik  Berbagi merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT sebagai bentuk rasa syukur atas pemberian Allah SWT. Berbagi juga dapat menciptakan sifat empati terhadap sesama dan dapat membatasi diri dari sifat tamak terhadap gemerlapnya kehidupan dunia. 

Dengan bersedekah, kau juga dapat selalu mengingat akhirat karena dunia itu hanyalah sementara. Sedekah tidak akan membuatmu menjadi miskin. Karena Allah SWT mencintai orang yang bersedekah. Untuk hal yang baik kenapa Allah SWT membencinya. Tentu tidak. Justru dengan kamu bersedekah Allah akan melipatgandakan hartamu. Itu merupakan rejeki. Cepat atau lambat, rejeki itu akan muncul. Terkadang rejeki tidak harus berupa uang namun bisa juga berupa sesuatu yang tak dilihat.

Sedekah juga dapat melindungimu dari bahaya. Bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Orang yang bersedekah akan dijamin di hari akhir nanti. Allah SWT akan menyelamatkan orang yang bersedekah dari bahaya.

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)     

Sedekah terlihat sederhana, namun memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Untuk itu senantiasa bersedekah dalam kondisi apapun. (aw)