Terkadang banyak diantara kita menyepelekan yang keajaiban sedekah. Bahkan banyak diantara kita yang enggan melakukan sedekah, dengan dalih kita tidak mempunyai cukup uang dan bukan merupakan orang kaya.

Sebenarnya sedekah tidak harus dilakukan oleh orang-orang berada atau orang kaya saja, sedekah juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari kalangan kelas bawah. Karena dengan bersedekah sebenarnya kita akan mendapatkan banyak sekali kebaikan-kebaikan yang sebenarnya tidak kita sadari. Apa sajakah kebaikan-kebaikan tersebut?

Inilah beberapa keajaiban sedekah yang tidak kita sadari

Ternyata ada banyak sekali kebaikan bersedekah yang terkadang tidak kita ketahui di dalam Al-Qur’an. Kebaikan-kebaikan tersebut antara lain tertuang di dalam:

1. Surat Al-Baqarah ayat 245

Pada ayat ini dijelaskan bahwa Allah akan melipatgandakan pinjaman yang diberikan oleh kaum muslim. Pinjaman yang dimaksudkan disini adalah pinjaman yang berdasarkan jalan Allah. tidak hanya dua atau tiga kali lipat. Akan tetapi Allah akan melipatgandakan pinjaman tersebut dengan besaran yang tak terhingga.

2. Surat Al-Baqarah ayat 261

Lewat ayat ini dijelaskan bahwa barang siapa yang dapat ikhlas bersedekah di jalan Allah, maka sedekah tersebut ibarat1 buah biji, dimana satu biji tersebut terdapat 7 bulir yang nantinya akan muncul 100 biji lagi. dengan adanya ayat ini, keajaiban bersedekah yang diberikan oleh Allah berarti kita akan mendapatkan pahala sebanyak 700 kali lipat dari apa yang kita berikan kepada orang lain.

3. Surat Al-Baqarah ayat 267

Di dalam surat ini, Allah telah menjelaskan bahwa sedekah yang akan mendapatkan berbagai macam kebaikan adalah sedekah yang berasal dari keringat sendiri atau harta sendiri dan didapat dengan cara yang baik atau halal. Sedangkan untuk harta yang didapat dengan cara yang haram, itu hukum bersedekah juga haram. Meskipun niat bersedekah itu sangat tinggi, jika harta tersebut haram maka Allah tidak akan menganggapnya sebagai sebuah sedekah.

4. Surat Al-Baqarah ayat 274

Keajaiban bersedakah selanjutnya tertuang di dalam surat satu ini, di dalam surat ini dijelaskan bahwa barang siapa yang dapat bersekah mulai dari siang hingga malam, baik itu secara terbuka ataupun sembunyi-sembuyi, niscaya Allah akan memberikan ketenangan di hati mereka. Bahkan Allah juga akan menghilangkan rasa risau dari dalam diri mereka, terutama saat menghadapi masalah yang besar.

5. Surat An-Nisaa ayat 114

Surat terakhir yang menunjukan keajaiban sedekah adalah surat an-Nisaa ayat 114, dimana di dalam surat ini dijelaskan bahwa tidak ada kaum muslimin yang baik kecuali mereka mau bersedekah, karena dengan bersedakah Allah akan memberikan pahala yang sangat besar sekali, dan bahkan kaum muslimin yang mengajak orang muslim lain untuk bersedekah, mereka juga akan mendapatkan pahala yang besar tersebut.

Itulah berbagai macam keajaiban atau kebaikan melakukan sedekah di jalan Allah. kebaikan-kebaikan tersebut tidak bergantung besarnya sedekah yang kita keluarkan. Tetapi bergantung kepada keikhlasan dari diri kita sendiri. semoga bermanfaat. Salam sejahtra bagi kita semua.

Sumber: Dwi Ratih