RINGANKAN BEBAN KELUARGA PAK PARDI

RINGANKAN BEBAN KELUARGA PAK PARDI

Langit membiru dengan indahnya di hari Sabtu, 25 Mei 2024. Semilir angin yang berembus dengan lembutnya menambah nuansa tenang. Sawah di sekitar yang mendominasi warna hijau memanjakan mata. Terlihat aktivitas penduduk sekitar yang beragam menghidupkan akhir pekan tersebut.

Jam 09.45 WIB saat matahari mulai menghangatkan bumi, kami tiba di rumah Pak Pardi yakni penderita TBC yang hidup serba berkecukupan. Hal tersebut terlihat jelas, saat kami memasuki rumahnya yang berada di Dusun Selokulon RT 003 RW 003 Desa Selorejo, Kecamatan Bagor. Rumah yang sangat sederhana nan sempit dengan fasilitas ala kadarnya. Mirisnya lagi, ventilasi udara yang tidak baik tentulah sangat mempengaruhi kesembuhan lelaki paruh baya tersebut. Pengeluaran sehari-hari yakni Rp. 20.000,- dengan makanan ala kadarnya bahkan hanya makan daging hanya seminggu dua kali.

Meskipun mendapat bantuan dari setempat dan juga pos tetapi tidak memaksimalkan kebutuhannya dalma hidup. Terlebih keluarga kecil tersebut memiliki tanggungan pendidikan untuk sang anak, Muhammad Nur Kholis yang duduk di kelas 6 Sekolah Dasar. Meskipun beliau berikhtiar dengan berobat sesuai dengan harta yang dimiliki akan tetap belum maksimal. Kondisi ekonomi dan kesehatan itulah yang mendorong kami untuk mentasharufkan paket sembako dan juga bantuan alas tempat tidur yang nyaman kepada mereka. Bu Suwiji yang bekerja serabutan sudah semaksimal mungkin dalam mencukupi kebutuhan keluarganya. Kegiatan ini terangkai dalam kegiatan Aksi Peduli Mustadzafin.

Haru biru sangat terasa saat pemberian tersebut, hinar binar tampak jelas. Bagi mereka kebahagiaan itu sederhana bisa menikmati kebutuhan dalam hidup. Asnaf penerima program ini yakni lansi, orang tua yang tidak mampu. Kegiatan ini selesai hingga jam 10.30 WIB yang disertai dengan senyuman indah nan juga kenangan yang tak terlupakan. (ameliaw)