KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI PADA HARI JUM'AT - LazisMu
KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI PADA HARI JUM'AT

KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI PADA HARI JUM’AT

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke18 dari jumlah keseluruhan surat di Al Quran yakni 114 surat, tergolong surat Makiyyah, yakni diturunkannya di Kota Mekkah. Surat ini pun merupakan bagian penengah antara juz 15-16. Karena ayat-ayatnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16.

Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at yakni banyak sekali, salah satunya seperti dalam hadits berikut :

“Barang siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.”  (HR. Al-Hakim)

Maksud disinari cahaya dalam hadits tersebut bukanlah cahaya yang kita lihat yang menyilaukan mata, akan tetapi adalah perumpamaan. Kita akan dibimbing seorang mudah berbuat baik dan terlindungi dari hal yang dapat membuatnya dosa.

Membaca Surat Al-Kahfi mencegah dari perbuatan maksiat dan di antara dua hari Jum’at, Allah memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan ketaatan. cahaya ini akan terus menyinari sampai hari Jum’at selanjutnya.

Semua hal yang dilakukan pada hari Jum’at dapat memperoleh ridha dari Allah. Hal ini sangat diinginkan sekali bagi umat Islam. Apapun yang akan kita lakukan, akan menjadi lebih tentram bagi diri sendiri, orang lain dan juga mendapatkan kebaikan dari Allah.

Jika sudah mengetahui keutamaannya, tunggu apa lagi, ayo membaca Surat Al-Kahfi. (aw)