Indahnya Berukhuwah Dan Saling Menebar Salam | LazisMu

Indahnya Berukhuwah Dan Saling Menebar Salam

Indahnya Berukhuwah Dan Saling Menebar Salam

Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya, suku dan agama. Keharmonisan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjadi prioritas bersama. Apalagi penduduk Indonesia sebagian besar beragama Islam, agama yang sangat menjunjung nilai-nilai kebersamaan dalam berjamaah. dan berukhuwah

Islam telah menjadikan salam sebagai identitas kehidupan sehari-hari dalam berukhuwah antara sesama muslim. Mengucapkan kalimat, “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.” adalah ucapan salam antara muslim satu dan lainnya ketika bertemu. Komunikasi umat akan semakin berkualitas jika selalu diawali dan diakhiri dengan saling mengucapkan salam dengan tulus. Sementara, komunikasi adalah sarana utama dalam kehidupan umat Islam yang menjunjung nilai-nilai sosial dan imamah jamaahdan sebagai wujud mendoakan antara sesama muslim

Allah Subhanahu Wata’ala juga memerintahkan kita untuk saling menebar salam, terutama ketika kita sedang bersilaturahmi ke rumah seseorang.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.” (QS an-Nuur [24]: 27)

Ajaran Rasulullah yang memerintahkan untuk memberikan salam, menjadi bukti bahwa mengucapkan salam adalah hal utama. Sesuai dengan keutamaan serta keistimewaan mengucap salam, maka istimewa pula pahala yang didapatkan.

Pahala bagi orang yang menebarkan salam yaitu surga. Pernyataan ini dikuatkan oleh sabda baginda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Tidaklah kalian masuk surga sampai kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman sampai saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan suatu perbuatan yang apabila kalian kerjakan niscaya kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim).

Assalamualaikum Mengandung Doa-Doa Baik

Assalamualaikum memberikan kita pahala yang berlimpah. Namun harus Anda ketahui bahwa terdapat banyak doa didalam salam yang diucapkan. Melansir dari berbagai sumber, berikut doa-doa yang terkandung dalam mengucapkan salam.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh mempunyai arti, “Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkahNya tercurah kepada kalian’. Selain itu, salam ini memiliki beberapa doa lainnya, seperti:

Pertama, Assalamualaikum artinya: semoga keselamatan terlimpah untukmu.

Kedua, Assalamu’alaikum Warahmatullahi artinya: semoga Allah Melimpahkan Keselamatan dan Rahmat-Nya untukmu / Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.

Lalu, bagi orang yang mendengar salam walaupun salam itu bukan ditujukan untuknya, orang tersebut wajib menjawab salam. Dengan mengucapkan kalimat Wa’alaikumus Salam Warahmatullahi Wabarakatuh yang artinya:

“Begitu juga semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkahNya tercurah kepada kalian.”

Jadi, orang yang memberi salam dan yang mengucapkannya sama-sama mendapatkan doa serta pahala dari Allah SWT. Masya Allah Tabarakallah, semoga bermanfaat. (Darmawan)