mDMC bersama LAZISMU Nganjuk Bergerak untuk Menanggulangi Longsor di Desa Bruno Dusun Plumpung Kecamatan Sawahan | LazisMu
mDMC bersama LAZISMU Nganjuk Bergerak untuk Menanggulangi Longsor di Desa Bruno Dusun Plumpung Kecamatan Sawahan

mDMC bersama LAZISMU Nganjuk Bergerak untuk Menanggulangi Longsor di Desa Bruno Dusun Plumpung Kecamatan Sawahan

Pada hari Ahad,  06 Desember 2020 Tim MDMC Kabupaten Nganjuk berangkat ke Desa Bruno Dusun Plumpung Kecamatan Sawahan. 5 Tim MDMC Kabupaten Nganjuk tersebut adalah Burhan, Agus Setyo Nugroho, Amar Ikhsan Rosyidi, Moh. Impron dan Dzikri. Memasuki musim penhujan banyak terjadi dampak yang banyak terhadap perubahan terlebih bencana alam. Pagi-pagi sekali saat embun masih menyelimuti beberapa Kabupaten Nganjuk dan masih dengan nuansa kalang kabut karena aktifitas yang padat, mereka dengan semangat juang berangkat dan mempersiapkan beberapa hal yang mendukung. Hal ini dilakukan dengan gotong royong. Kecamatan Sawahan dengan perjalanan sangat menanjak karena jalanan yang naik dan berbelok-belok tidak menyurutkan langkah mereka.

Kecamatan Sawahan yang mayoritas terdiri dari dataran tinggi seperti pegunungan membuat Kecamatan ini acapkali terkena musibah. Karena hujan yang belakangan ini tak kunjung mereda, telah membuat tanah menjadi curam bahkan terlah menyebabkan tanah longsor.   MDMC atau Muhammadiyah Disaster Management Center, sebuah lembaga di luar Majlis, yang turun tangan di bidang Bantuan Penangan Bencana merespons hal tersebut dengan merealisasikan beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut adalah membuat tanggul longsor yang ada. Membuat tanggul bermanfaat untuk mencegah erosi tanah akibat hujan.Mereka membuat tanggul longsodr tersebut pada jam 06.00 dan selesai pada 10.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa alam tersebut.

Terima kasih kepada Tim MDMC yang telah mengurangi terjadinya bencana alam. Tanpa kalian, semua tidak dapat direalisasikan. Dengan melakukan kegiatan tersebut telah membuat banyak manfaat bagi penduduk desa sekitar. (aw)