Jum'at Berkah, Jum'at Ceria | LazisMu
Jum'at Berkah, Jum'at Ceria

Jum’at Berkah, Jum’at Ceria

Kabupaten Nganjuk mayoritas pekerjaannya sebagai petani, abang becak, pedagang kecil. Tidak jarang diantara mereka mendapat penghasilan yang cukup. Namun, profesi abang becak mengalami masa sulit di tengah globalisasi. Penghasilan mereka tidak tentu. Saat ini banyak orang yang menyukai sesuatu dengan mudah dan praktis. Banyaknya yang menawarkan kemudahan membuat mereka banyak memilihnya dibanding becak. Padahal bila becak sudah tak ada, maka hilanglah ciri khas keunikan Indonesia. Mereka yang selalu di pangkalan bahkan menunggu hingga beberapa jam untuk memperoleh seseorang yang ingin menaiki jasa yang ditawarkan.

Anak terlantar adalah anak yang hidup di jalanan atau di rumah sederhana yang ia hanya mengurus dirinya sendiri, bahkan mereka tidak sekolah. Hal ini terjadi karena kehilangan keluarganya atau memang karena kehilangan rumah sebagai tempat tinggal. Tidak ada yang merawat anak terlantar.

Abang becak dan anak terlantar merupakan orang yang butuh untuk diperhatikan. Sebagai sesama manusia yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi, tentulah kita merasa empati. Bayangkan saja bila hal tersebut terjadi pada diri kita sendiri. Kita yang bisa makan saja malah suka mengeluh, padahal di luar sana ada yang lebih membutuhkan makanan. Mereka tidak meminta makanan yang lengkap dan enak, asal saja mereka bisa makan sudah senang.

Jum’at, 06 November 2020 pada jam 15.30 WIB, LAZISMU Nganjuk dan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah mengadakan kegiatan Jum’at berkah. Kami membagikan nasi bungkus. Kegiatan ini diadakan di sekitaran Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nganjuk dan juga juga di beberapa perempatan di beberapa jalan di sekitaran area daerah Nganjuk. Nasi bungkus yang dibagikan sejumlah 74 kotak.

Antusias mereka sangat luar biasa. Mereka tampak menikmati makanan yang kami berikan. Bila kita tidak bergerak dulu, maka siapa yang akan memperhatikan mereka. Tak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada kami. Kami berterima kasih kepada semua yang mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Segala sesuatu tak harus dimulai dari hal yang besar, dari yang sederhana asal kita ikut bahagia. (aw)