SEPUTAR INFAQ DAN SHODAQOH | LazisMu
SEPUTAR INFAQ DAN SHODAQOH

SEPUTAR INFAQ DAN SHODAQOH

Menurut bahasa, kata infaq berasal dari kata nafaqa (nun, fa’ dan qaf) yang berarti keluar.

Infaq adalah mengeluarkan harta yang melingkupi zakat dan non zakat. Infaq ada yang wajib dan ada yang sunnah. Infaq wajib diantaranya zakat, kafarat nadzar dll. Sementara infaq sunnah diantaranya infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq bencana alam, infaq kemanusiaan dan lain-lain.

Shodaqoh menurut bahasa berarti jujur atau benar. Sehodaqoh secara istilah suatu amal atau memberikan sesuatu yang dilakukan secara ikhlas atau suka rela tanpa berharap imbalan.

Persamaan infaq dan shodaqoh terletak pada keduanya yang digunakan untuk sebutan atau nama bagi harta kekayaan tertentu yang dikeluarkan oleh pemiliknya yakni munfiq untuk infaq, mutashaddiq untuk shodaqoh. Persamaan lainnya antara infaq dan shodaqoh ialah juga terletak pada peruntukan dana keduanya (infaq dan shodaqoh) yang sama-sama digunakan untuk kemaslahatan umat.

Banyak sebagian orang menganggap infaq dan shodaqoh sama padahal keduanya sangat berbeda. Adapun perbedaan antara keduanya (infaq dan shodaqoh) terutama terletak pada ruang lingkupnya masing-masing. Bila infaq terbatas atau dibatasi bentuknya hanya dalam lapangan harta benda kekayaan, sedangkan shodaqoh sebagaimana terbaca dalam pengertiannya meliputi harta dan non harta sekaligus.

Shodaqoh di samping meliputi harta termaqsuk uang, juga bisa meliputi hal-hal yang  bersifat non harta, misalnya tutur kata yang baik, senyuman yang tulus dan lain-lain yang bisa digolongkan shodaqoh. Sebagaimana dikemukakan al-raghib al-Ashfanani, sama halnya dengan sedekah yang meliputi harta maupun non harta, infaq juga terkadang bisa digunakan untuk harta (al-mal) dan non harta, infaq juga terkadang bisa digunakan untuk harta (al-mal) dan non harta (ghair al-mal). Kata infaq juga meliputi infaq wajib dan infaq tatawwu’ / sunnah.

Jika infaq berkaitan dengan materi, shodaqoh memiliki arti yang lebih luas yakni hal yang bersifat non materiil.

Infaq terbatas hanya menyisihkan harta sementara shodaqoh bisa berupa harta / tidak meliputi harta. Sedangkan yang membedakan infaq dan shodaqoh terletak pada batasan yang diberikan. Infaq terbatas hanya menyisihkan harta. Sementara shodaqoh cakupannya lebih luas seperti memberikan senyuman. (aw)

Dikutip dari beberapa sumber.