Pemberian Air Bersih di Kecamatan Ngluyu | LazisMu
Pemberian Air Bersih di Kecamatan Ngluyu

Pemberian Air Bersih di Kecamatan Ngluyu

Musim kemarau telah mengakibatkan Kabupaten Nganjuk mengalami kekeringan yang berdampak pada sulitnya mendapatkan akses air bersih. Penduduk bahkan berburu mendapatkan air bersih ke tempat yang jauh sekalipun seperti di sungai dan sebagainya. Senin, 30 September 2019, LAZISMU Nganjuk berkoordinasi dengan BPBD dan PDPM berangkat ke Kecamatan Ngluyu namun di daerah yang mengalami dampak yang parah diantaranya Dusun Puncu,  Dusun Glundah yang berada di Desa Gampeng, Dusun Talun Sambi yang berada di Desa Tempuran , Desa Gampeng dan Desa Lengkong Lor. Kami berangkat jam 08.00 WIB. Perjalanan kami cukup melelahkan karena melewati jalanan yang berliku, terkadang beberapa jalanan yang kami temui juga masih berkerikil belum diaspal. Kurang lebih 2,5 jam kami menempuh perjalanan ini. Terik matahari juga menyengat menemani perjalanan kami.  Pengirim air dari PDAM Kabupaten Nganjuk. Warga sangat antusias dengan adanya program ini. Tentunya, ini mengurangi beban mereka. Data yang telah kami catat antara lain:

  1. Desa Gampeng, Dusun Puncu, Kecamatan Ngluyu yakni 2 tangki @8600 liter. Penerima manfaat kurang lebih 170 KK
  2. Desa Gampeng, Dusun Glundah, Kecamatan Ngluyu yakni 1 tangki @8600 liter. Penerima manfaat kurang lebih 80 KK
  3. Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu yakni 1 tangki @8600 liter. Penyaluran di 3 titik kumpul. Penerima manfaat kurang lebih 150 KK (kurang lebih 400 jiwa)
  4. Desa Tempuran, Dusun Talun Sambi, Kecamatan Ngluyu yakni 4 tangki @8600 liter air bersih. Penyaluran di 6 titik kumpul. Penerima manfaat kurang lebih 200 KK (kurang lebih 500 jiwa)
  5. Desa Lengkong Lor, Dusun Lengkong Lor yakni 1 tangki @8600 liter. Penerima manfaat kurang lebih 300 jiwa.

Pengisian air bersih ini selesai hingga jam 17.00 WIB. Penduduk sangat senang karena telah memperoleh air bersih. Penduduk tampak berbondong dan berebut untuk segera memperoleh dengan cepat, namun dengan adanya tim kami membuat semuanya berjalan dengan lancar. Suksesnya acara ini juga karena adanya partisipasi dari donatur, relawan ataupun dari kader yang yang telah menyisihkan tenaganya untuk membantu kami. Mungkin tanpa kalian, kegiatan ini berjalan lamban bahkan butuh waktu lama untuk merealisasikan acara ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. (aw)